sebagai anak psikologi, dua hal ini merupakan hal yang sering dilakukan.
Mungkin
orang-orang disekitar kita, baik itu teman maupun keluarga kita, ketika kita bilang kita adalah anak
psikologi, mereka jadi pengen curhat dengan kita, minta saran, dsb. Merasa
seperti itu nggak sih? Hehehe
Oke
deh, let’s see apa itu bimbingan dan konseling
Bimbingan
itu adalah
proses bantuan (process of helping) kepada individu agar mampu memahami dan
menerima diri dan lingkungan, mengarahkan diri, dan menyesuaikan diri secara
positif dan konstruktif terhadap tuntutan norma kehidupan (agama dan budaya)
sehingga mencapai kehidupan yang bermakna (berbahagia, baik secara personal
maupun sosial)
Nah
kalo konseling itu adalah proses interaksi
antara konselor dengan klien baik secara langsung( tatap muka) atau tidak
langsung (melalui media: internet, atau telepon) dalam rangka membantu klien
agar dapat mengembangkan potensi dirinya dalam memecahkan masalah yang
dialaminya.
Udah
pada tau pengertiannya kan ?
Nah, sekarang kita akan mengetahui asas atau prinsip dasar BK. Karena ini seputar psikologi pendidikan, maka asas atau prinsip dasar BKnya ada di lingkungan sekolah.
Nah, sekarang kita akan mengetahui asas atau prinsip dasar BK. Karena ini seputar psikologi pendidikan, maka asas atau prinsip dasar BKnya ada di lingkungan sekolah.
Asas/ Prinsip dasar BK di sekolah yaitu:
1.
Program Bimbingan
ØTerencana dan terstrukur, sesuai dengan kebutuhan
ØProgram ini dilakukan oleh tenaga yang kompeten
ØMeliputi kegiatan bersifat individual dan kelompok
ØMenggunakan data, metode dan alat akurat yang mendukung program
ØProgram mencakup pemberian informasi yang relevan dengan subjek
ØHarus ada evaluasi
2.
Tenaga Pembimbing
ØMemiliki keahlian yang mendukung
ØMampu bekerja sama
ØBerpegang teguh pada kode etik
ØTenaga pembimbing harus melakukan pengembangan diri di bidang keahliannya
ØFleksibel dalam menggunakan metode, alat, dan teknik sesuai dengan kebutuhan
ØBekerja sesuai dengan wewenang dan keahlian
3.
Subjek yang dibimbing
ØSiswa dan mahasiswa lembaga
pendidikan
ØSiswa memiliki hak untuk
memberi tahu menolak bekerja sama dengan tenaga pembimbing ØKeputusan akhir untuk penyelesaian masalah ada pada diri siswa/ mahasiswa
Fungsi BK di sekolah:
ØPemahaman : memahami
karakteristik/ potensi atau tugas perkembangan peserta didik Ø Preventif : memberikan layanan orientasi dan informasi mengenai berbagai aspek kehidupan yang patut dipahami peserta didik
Ø Pengembangan : memberikan layanan bimbingan untuk membantu peserta didik mampu mengembangkan potensi diri
Ø Kuratif : membantu para peserta didik agar mereka dapat memecahkan masalah yang dihadapinya (pribadi, sosial, belajar atau karir)
Komponen
Program BK:
1. Layanan
dasar
2. Layanan perencanaan individual3. Layanan responsif
4. Dukungan sistem
Tidak ada komentar:
Posting Komentar