Jumat, 31 Mei 2013

Bimbingan Konseling

Apa itu bimbingan ? Trus konseling itu apa juga ya?
sebagai anak psikologi, dua hal ini merupakan hal yang sering dilakukan.


Mungkin orang-orang disekitar kita, baik itu teman maupun keluarga kita, ketika kita bilang kita adalah anak psikologi, mereka jadi pengen curhat dengan kita, minta saran, dsb. Merasa seperti itu nggak sih? Hehehe


Oke deh, let’s see apa itu bimbingan dan konseling

Bimbingan itu adalah proses bantuan (process of helping) kepada individu agar mampu memahami dan menerima diri dan lingkungan, mengarahkan diri, dan menyesuaikan diri secara positif dan konstruktif terhadap tuntutan norma kehidupan (agama dan budaya) sehingga mencapai kehidupan yang bermakna (berbahagia, baik secara personal maupun sosial)

Nah kalo konseling itu adalah proses interaksi antara konselor dengan klien baik secara langsung( tatap muka) atau tidak langsung (melalui media: internet, atau telepon) dalam rangka membantu klien agar dapat mengembangkan potensi dirinya dalam memecahkan masalah yang dialaminya.

Udah pada tau  pengertiannya kan ?
Nah, sekarang kita akan mengetahui asas atau prinsip dasar BK. Karena ini seputar psikologi pendidikan, maka asas atau prinsip dasar BKnya ada di lingkungan sekolah.

Asas/ Prinsip dasar BK di sekolah yaitu:
1.       Program Bimbingan

ØTerencana dan terstrukur, sesuai dengan kebutuhan
ØProgram ini dilakukan oleh tenaga yang kompeten
ØMeliputi kegiatan bersifat individual dan kelompok
ØMenggunakan data, metode dan alat akurat yang mendukung program
ØProgram mencakup pemberian informasi yang relevan dengan subjek
ØHarus ada evaluasi

2.       Tenaga Pembimbing

ØMemiliki keahlian yang mendukung
ØMampu bekerja sama
ØBerpegang teguh pada kode etik
ØTenaga pembimbing harus melakukan pengembangan diri di bidang keahliannya
ØFleksibel dalam menggunakan metode, alat, dan teknik sesuai dengan kebutuhan
ØBekerja sesuai dengan wewenang dan keahlian

3.       Subjek yang dibimbing

ØSiswa dan mahasiswa lembaga pendidikan
ØSiswa memiliki hak untuk memberi tahu menolak bekerja sama dengan tenaga pembimbing
ØKeputusan akhir untuk penyelesaian masalah ada pada diri siswa/ mahasiswa

Fungsi BK di sekolah:
ØPemahaman        : memahami karakteristik/ potensi atau tugas perkembangan peserta didik
Ø Preventif             : memberikan layanan orientasi dan informasi mengenai berbagai aspek kehidupan yang patut dipahami peserta didik
Ø Pengembangan : memberikan layanan bimbingan untuk membantu peserta didik mampu mengembangkan potensi diri
Ø Kuratif                  : membantu para peserta didik agar mereka dapat memecahkan masalah yang dihadapinya (pribadi, sosial, belajar atau karir)

Komponen Program BK:
1.   Layanan dasar
2.   Layanan perencanaan individual
3.   Layanan responsif
4.   Dukungan sistem

 

 

Tidak ada komentar: