Jumat, 27 Juni 2014

Review Hasil Presentasi Kelompok 6

      Pembelajaran yang diberikan oleh kelompok merupakan belajar berkreasi. Pembelajaran dilakukan dalam dua kali pertemuan. Pembelajaran di hari pertama dimulai dengan berkenalan. Untuk mencairkan suasana, pengajar memberikan pertanyaan pengetahuan umum kepada anak didik. Setelah itu, di inti pembelajaran hal yang dilakukan adalah bermain plastisin. Hal ini untuk meningkatkan perkembangan motorik anak. Setelah anak membentuk plastisin, anak diminta untuk menyebutkan hasil yang dibuat dalam bahasa Inggris dengan tujuan melatih kognitif anak khususnya dalam bahasa. Di akhir pembelajaran kami memberikan reward kepada anak.
      Pembelajaran di hari kedua dimulai dengan bernyanyi bersama. Di inti pembelajaran anak didik menonton video ‘belajar binatang laut’. Anak didik diminta untuk membedakan binatang laut yang terdapat di video. Selanjutnya anak bermain puzzle. Disini anak dibagi menjadi 2 tim. Tujuan dari permainan ini adalah melihat bagaimana strategi anak dalam menyelesaikan masalah dan juga bagaimana kerja sama antar anak dalam tim. Di akhir pembelajaran kami meminta anak untuk menyampaikan kesan dan pesan selama pembelajaran, lalu memberikan reward sebagai tanda terima kasih.
       Dari keseluruhan pembelajaran kami menekankan prinsip pedagogi yang berbicara tentang mengkombinasikan karakter kolektif dan individual pendidikan, serta penghormatan terhadap kepribadian siswa. Disini kelompok belajar untuk menghargai setiap karakter anak didik yang berbeda-beda.  
       Selama pelaksanaan pembelajaran, ada beberapa rancangran pembelajaran yang tidak terlaksana dengan baik. Pada hari pertama, waktu yang ditentukan adalah 60 menit, namun ketika pelaksanaannya menjadi lebih dari 60 menit.  Pada saat proses pembelajaran membentuk plastisin terlalu lama sehingga penutup pembelajaran yakni bernyanyi tidak dilaksanakan. Pada hari kedua,jumlah peserta didik bertambah satu orang. Hal ini sedikit mengganggu peserta didik yang lain terkhususnya saat pemebelajaran membuat puzzle dimana anak yang baru bergabung terlalu banyak komentar.
       Presentasi yang dilakukan oleh kelompok sudah cukup baik karena kelompok sudah menjelaskan isi slide dengan poin-poin penting. Slide yang ditampilkan sudah menarik dengan ditambahkannya foto-foto terkait proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh kelompok. Namun penggunaan tata tulis dalam slide masih ada yang kurang tepat.

 

Tidak ada komentar: