Jumat, 27 Juni 2014

Testimoni

Minggu pertama di semester ini, saya belum  mengambil mata kuliah pedagogi. Namun pada masa PKRS saya memilih pedagogi sebagai mata kuliah pilihan di semester ini. Di minggu pertama kuliah dosen pengampu telah menyampaikan kontrak kuliah, namun karena saya belum masuk saat itu jadi saya tidak paham dengan kontrak kuliah yang diberikan. Saya bertanya dengan beberapa teman-teman terkait tentang tugas-tugas yang akan diberikan. Di awal saya belum paham dengan tugas-tugas serta pembelajaran pedagogi. Namun dengan mengikuti tiap pertemuan mata kuliah pedagogi, saya mulai semakin paham tujuan dari pembelajaran pedagogi ini. Di mata kuliah ini saya belajar bagaimana seharusnya karakter seorang guru atau pedagog, hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk melakukan pembelajaran pedagogi. Tugas lapangan tentang melaksanakan pembelajaran pedagogi membantu saya untuk memahami pedagogi. Ketika melaksanakan pembelajaran ini, saya dan teman-teman kelompok saya belajar untuk bisa menjadi seorang pedagog, yang harus membuat rancangan pembelajaran sebelum melakukannya. Ketika melakukan pembelajaran ini, saya pribadi menikmati pelaksanaan ini karena bertemu dengan anak-anak yang memiliki karakter-karakter yang unik. Selain itu, tugas wawancara dengan seorang guru jugamembantu saya memahami pedagogi. Berdasarkan wawancara tersebut, saya mendapatkan bahwa menjadi seorang guru tidaklah mudah. Seorang guru harus memilki karakter yang dapat menjadi teladan bagi anak didiknya, memotivasi anak didiknya, serta memiliki pandangan terhadap pendidikan. Selama proses pembelajaran, ada banyak masukan yang diberikan oleh dosen pengampu. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada dosen pengampu, semoga setiap masukan dapat menjadi pembelajaran yang lebih baik. :)
 

Tidak ada komentar: